In Belajar Setir Mobil Tutorial Dasar

Tehnik Dasar Mengoperasikan Ketiga Pedal pada Mobil Transmisi Manual untuk Pemula


Tehnik Dasar Mengoperasikan Ketiga Pedal pada Mobil Transmisi Manual untuk Pemula - Belajar Setir Mobil

Halo bro, selamat malam! Sudah tarawih malam ini? Kalau belum buruan lah. Jangan lupa berbuka dengan yang manis.


Sebelum memulai baca tulisan ini, ada baiknya elo baca dulu tulisan gue sebelumnya, biar makin nyambung:

Fungsi pedal Gas pada mobil transmisi manual

Fungsi pedal Rem pada mobil transmisi manual

Fungsi pedal Kopling pada mobil transmisi manual

Pada kesempatan kali ini, gue akan sharing sedikit soal Tehnik dasar mengoperasikan ketiga pedal pada mobil transmisi manual untuk pemula. Memang sih, info yang akan gue kasih ini sederhana banget, apalagi bagi yang sudah terbiasa mengoperasikan mobil manual, tapi bagi orang yang sama sekali belum pernah menyentuh hangatnya kursi pengemudi, informasi ini bisa saja bakal jadi penyelamat nyawa elo kelak. Halah, hehe.

Oke deh, gue langsung mulai aja, kali ini informasinya lumayan banyak, jadi nggak perlu banyak cit-cat ya om. Supaya efektif.

Prinsip dasar untuk mengoperasikan mobil manual sebenarnya tidak beda jauh dengan pengoperasian motor kopling. Bagi yang sudah sering naik motor kopling, mungkin akan lebih enak. Tapi buat yang belum, tenang saja, latihan yang banyak akan membantu reflek kita tetap terjaga.

Jadi gimana prinsip dasarnya?

Mudah saja. Saat pertama menyalakan mobil dan kondisi gigi masih netral, kita langsung saja injak koplingnya sedalam-dalamnya. Full injak lah pokoknya. Ingat ya posisi kopling di mana? Iya, yang paling kiri. Jadi injaklah dengan kaki kiri elu ya guys.

Secara umum, fokuskan kaki kiri untuk menginjak kopling. Kaki kanan bisa ganti-gantian antara nginjak rem atau gas, sesuai kebutuhan. Ingat ya, rumus dasarnya: kaki kiri untuk main kopling, kaki kanan untuk rem dan gas.

Oke, kembali ke langkah dasar memulai gerakan pertama mobil elu. Setelah kopling diinjak full, masukkan perseneling ke gigi satu. Tenang saja, tidak usah panik. Selama kopling masih diinjak, mau kamu injak sekeras apapun gasnya, mobil tidak akan bergerak.

Nah, setelah itu, tehnik untuk berjalan awalnya ada macam-macam. Tergantung style sih. Tapi kalau kamu baru benar-benar pertama belajar setir mobil, mending gunakan tehnik ini:

Lepaskan kopling pelan-pelan, jangan terlalu cepat, jangan terburu-buru. Pelan-pelan saja, rasakan perlahan-lahan mobil mulai bergerak. Setelah mobil sudah mulai terasa bergerak, baru injak gasnya. Pelan-pelan saja. Tidak usah terlalu terburu-buru. Setelah mobil sudah melaju stabil, elu bisa lepasin kaki kiri secara penuh dari kopling. Dan yak, selamat, kamu sudah melajukan mobilmu untuk pertama kalinya.

Bagian ini gampang banget kok. Kuncinya simpel: jangan buru-buru dan jangan panik. Santai saja.

Yap, gue rasa itu dulu deh sharing gue hari ini. Kapan-kapan gue sambung lagi. Ingat ya: kaki kiri untuk kopling dan kaki kanan untuk gas dan rem. Itu dulu yang harus elu tanamkan dalam diri elu.

Simpel kan?


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog